Header Ads

ad

Gerakan Cinta Al-Qur'an








Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad melalui malaikat Jibril, sebagai pedoman bagi umat Islam dalam berperilaku dan beragama. Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi manusia, penyembuh dan rahmat bagi seluruh alam. Kemukjizatannya tak tertandingi dan kebenarannya tak terbantahkan.

Di era sekarang ini, kesibukan urusan duniawi, kemiskinan pengetahuan keagamaan, dan serbuan teknologi komunikasi, acapkali melalaikan umat terhadap Al-Qur’an yang seharusnya menemani perilaku mereka dalam setiap langkah kehidupan. Tidak mengherankan jika kemudian Al-Qur’an hanya menghiasi lemari kaca, tak tersentuh dan berdebu. Al-Qur’an tanpa disadari terasing dalam kehidupan dan terpinggirkan oleh pikiran manusia.

Oleh karena itu, diperlukan suatu gerakan yang dapat menghidupkan kembali kecintaan dan kesadaran arti pentingnya Al-Qur’an bagi umat, sehingga ayat-ayat-Nya membumi, dibaca, dimengerti dan dihayati.

Alhamdulilah pada tanggal  27 s/d 30 Mei 2016 yang lalu, Yayasan Alhidayah Sungailiat bekerja sama dengan Alumni SMAN 1 Sungailiat Peduli, telah  berhasil melaksanakan kegiatan "Gerakan Cinta Al-Qur'an" dalam bentuk acara :

11.    Talk Show: “Al-Qur’an dan Metamorfosis Diri: Sebuah Pengalaman Keagamaan” .
Kegiatan Talk Show akan mengupas testimoni sejumlah alumni yang mengalami metamorfosis keagamaan dalam kehidupan mereka, dan bagaimana mereka memahami Al-Qur’an sebagai pedoman hidup mereka.
22.      Pembelajaran Interaktif: “Memahami Al-Qur’an di Era Digital”
Berbagi keilmuan tentang Al-Qur’an dan pengenalan aplikasi Al-Qur’an di Android Phone merupakan upaya optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang keagamaan, khususnya pemahaman terhadap Al-Qur’an.
33.     Pelatihan Mencari Ayat Al-Qur’an.
Kegiatan ini ditujukan kepada para alumni madrasah, guru-guru TPA, dan tokoh-tokoh masyarakat yang sudah mempunyai dasar Bahasa Arab (terutama sharaf), untuk dilatih mampu mencari ayat Al-Qur’an secara cepat dan tepat. Dengan demikian diharapkan dapat membantu aktivitas mereka saat mengajar, memberikan khutbah dan lain sebagainya.
44.      Haflah Al-Qur’an
Haflah Al-Qur’an merupakan kegiatan perayaan Islami yang dalam hal ini mengambil bentuk parade tilawah (pembacaan) Al-Qur’an dengan lantunan suara yang merdu. Haflah ini akan melibatkan Hakim sekaligus Pelatih  MTQ Nasional  asal Yogyakarta dan dua orang Qari/ Qariah nasional asal Kotamadya Pangkal Pinang dan Kabupaten Bangka.
55.      Pasar Murah.
Kegiatan pasar murah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat secara spontan, terutama daya beli terhadap kebutuhan primer. Harga bahan-bahan pokok yang dijual di pasar ini akan disubsidi dalam jumlah tertentu, sehingga diharapkan terjangkau oleh masyarakat. 
66.      Wakaf Al-Qur’an, Juz Amma, dan Buku
Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan wawasan keilmuan dan minat baca masyarakat Bangka, baik keimuan agama maupun umum,  melalui sumbangan Al-Qur’an, Juz Amma, dan buku kepada perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, maupun perpustakaan masjid/ TPA. Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan “Gerakan Sejuta Buku” yang telah dilaksanakan Alumni SMAN I Peduli beberapa tahun yang silam.

Berita tentang kegiatan ini dapat dilihat di 

http://www.rakyatpos.com/alumni-sman-1-sungailiat-gelar-gerakan-cinta-al-quran.html
http://bangka.tribunnews.com/2016/05/29/datangkan-juri-mtq-nasional-alumni-sman-1-gelar-gerakan-cinta-alquran


Tidak ada komentar