Header Ads

ad

Sejarah Berdirinya Yayasan



Yayasan Alhidayah Sungailiat didirikan pada tanggal 21 Oktober 2015,berdasarkan keputusan Menkumham Republik Indonesia Nomor AHU-0018081.AH.01.04.Tahun 2015. Yayasan ini merupakan pengembangan dan perubahan nama dari yayasan sebelumnya yaitu Yayasan Pendidikan Islam Alhidayah,yang telah  berdiri sejak tahun 1984. Perubahan nama ini selain karena adanya perubahan kebijakan administratif pemerintah, juga dimaksudkan untuk memperluas cakupan dan kontribusi yayasan bagi masyarakat propinsi Kepulauan Bangka Belitung.Khususnya Kabupaten Bangka.Dengan penghilangan kata pendidikan Islam, maka Yayasan Alhidayah dapat bergerak lebih luas pada bidang sosial, kemanusiaan, dan keagamaan.Pendiri yayasan ini adalah Drs. H. M. Espada Yamin, M.AP. , Dedy Yulianto, S.E. , dan Zubir Sidan (alm).Adapun pengurus yayasan dipercayakan kepada Dr.Ocktoberrinsyah, M.Ag. sebagai Ketua, Suyana, SIP. sebagai sekretaris, dan Suhardi sebagai Bendahara.Sebagai pengawas yayasan, ditunjuk  Rustian Al anshori, S.PT., Erry Setiawan, dan Fetty Satryani, S.Sos.

Yayasan yang bersifat non profit ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat, terutama dalam memajukan dan mengembangkan keilmuan keislaman sehingga akan tercipta masyarakat madani yang berdaya saing tinggi.

Saat ini Yayasan Alhidayah telah diberi amanah untuk memajukan pendidikan Islam melalui Madrasah Diniyah Tarbiyatul Hidayah. Madrasah yang telah mengalami beberapa kali pergantian nama ini, diduga telah berdiri sejak tahun 1920-an. Hingga saat ini madrasah yang berkedudukan di jalan Alhidayah No.29 Sungailiat Bangka ini,masih mampu bertahan dan menjalankan aktivitas belajar mengajarnya dengan tetap mempertahankan nilai-nilai pendidikan lama yang masih perlu dilestarikan, tetapi juga terbuka untuk perkembangan zaman melalui adaptasi-adaptasi, terutama dalam metode pembelajarannya.

Tidak ada komentar