Header Ads

ad

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENGURUS DAN GURU-GURU YAYASAN ALHIDAYAH SUNGAILIAT TAHUN 2017


Tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang profesional merupakan kekayaan yang tidak ternilai bagi suatu lembaga, tidak terkecuali bagi lembaga seperti yayasan ataupun madrasah. Sumber daya manusia yang profesional sangat menentukan daya tahan lembaga-lembaga tersebut, apalagi lembaga-lembaga itu lebih bersifat sosial, non-profit. Sumber daya manusia yang profesional di suatu lembaga akan memunculkan manajemen yang baik, mulai dari aspek perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), hingga pengendalian (controlling). Hanya dengan manajemen yang baiklah visi dan misi suatu lembaga akan tercapai. Di sisi lain dalam dunia pendidikan, sumber daya manusia guru yang profesional sangat menentukan output suatu lembaga pendidikan. Guru yang profesional adalah orang yang ikhlas memilih guru sebagai pekerjaan, yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya dari pendidikan formal, yang mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya melalui proses belajar berkelanjutan, yang melaksanakan tugasnya dengan semangat, bertanggung jawab, dan berdedikasi, dan yang tiada henti memperbaharui keterampilannya sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
Menyadari hal di atas, dan sesuai dengan slogan yang dicanangkan pada awal berdirinya, “Mencerdaskan, Memberdayakan, dan Memuliakan”, serta dalam rangka mewujudkan visi dan misinya khususnya dalam bidang pendidikan, maka Yayasan Alhidayah Sungailiat memandang perlu untuk mengembangkan sumber daya manusia yang dimilikinya, karena sangat berpengaruh pada daya tahan lembaga yayasan itu sendiri dan kualitas output lembaga pendidikan yang dikelolanya. Pengembangan sumber daya ini tentu dapat dilakukan dengan berbagai cara dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Mengingat pentingnya persoalan sumber daya manusia tersebut, maka Yayasan Alhidayah Sungailiat merancang suatu kegiatan “Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus dan Guru-guru Yayasan Sungailiat Tahun 2017”.
Kegiatan ini insyaallah akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada tanggal 27 Maret sd 1 April 2017 di Klaten dan Yogyakarta. Secara garis besar, kegiatan ini dirancang  dalam bentuk: 1) Studi Banding: Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta (www.krapyak.org), dan Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak, 2)Pelatihan: Pelatihan Kaligrafi, dan Pelatihan Hadrah, 3)Focus Group Discussion: Pendidikan Karakter di Madrasah Diniyyah, dan Psikologi Anak, 4)Wisata Budaya dan Spiritual.
Biaya untuk melaksanakan  kegiatan ini diperkirakan sebesar  Rp. 43.590.000 (Empat puluh tiga juta lima ratus sembilan puluh ribu rupiah)   dengan garis besar Rencana Anggaran Biaya (RAB) mencakup: Ticketing Pangkal Pinang - Yogyakarta (PP), transport dalam kota (sewa kendaraan), tiket tempat wisata, penginapan, insentif narasumber/ trainer, konsumsi, suvenir/ buah tangan. Yayasan bertumpu pada pendanaan  yang halal yang bersumber dari lembaga mana saja yang tidak mengikat dan masyarakat dari mana saja yang peduli terhadap kelestarian dan pengembangan pendidikan keagamaan.Bantuan dana dapat disalurkan melalui rekening : Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat, Yayasan Alhidayah Sungailiat, No. Rek. 1450915909
Semoga Allah memberikan kemudahan dan keberkahan  dalam pelaksanaan kegiatan ini, amin.
                                               


1 komentar:

  1. Peran manusia adalah posisi dan pengaruh yang dibuat oleh manusia.Seseorang melaksanakan hak dan kewajiban, berarti telah menjalankan suatu peran. kita selalu menulis kata peran tetapi kadang kita sulit mengartikan dan definisi peran manusia tersebut. peran biasa juga disandingkan dengan fungsi. Peran dan status status manusia tidak dapat dipisahkan, selengkapnya baca disini 6 Peran Manusia dalam Kehidupan. peran manusia. baca juga bagaimana peran manusia dalam sejarah.

    BalasHapus